fries01Ketika pertama kali saya mendengar seorang teman memesankan  French fries untuk saya di sebuah warung cepat saji, saya tidak pernah menduga akan mendapatkan kentang goreng. Waktu itu saya membayangkan akan mendapatkan hidangan yang belum pernah dikenal oleh lidah saya.

Barangkali saya memang kampungan, tapi waktu itu saya tidak habis pikir, "Kenapa kentang goreng disebut french Fries? kenapa tidak disebut fried potatoes saja?"

Asal usul sebutan French fries ternyata berkaitan dengan Thomas Jefferson. Penulis Deklarasi Kemerdekaan dan Presiden ketiga Amerika Serikat itu menyebut sang kentang goreng sebagai "potatoes, fried in the French manner". Jefferson mengenalkan gorengan khas orang Perancis ini pada akhir 1700-an.

Tunggu dulu. Apa betul French fries itu benar-benar gorengan khas orang Perancis?

Orang Belgia punya klaim lain lagi. Mereka mengaku, goreng kentang itu adalah gorengan khas orang Belgia. Menurut mereka, kentang goreng sudah dikenal di wilayah Belgia sejak 1680.  Istilah "French" itu sendiri, menurut pihak Belgia, mulai dikenalkan ketika tentara Inggris dan Amerika tiba di Belgia pada Perang Dunia I. Lagi pula tentara Amerika dan Inggris itu biasa memanggil mereka "French" karena saat itu tentara Belgia menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya. Begitulah menurut klaim orang Belgia.

Jadi, sebetulnya yang kita makan itu French fries ataukah Belgian fries?